Moto

Rabu, 14 Maret 2012

Sodaqoh memperpanjang umur

SEDEKAH Memperpanjang Umur

“Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan” (An-Nisaa: 78)
Karunia Allah Arrahman sungguh luar biasa. Tak kan pernah bisa dihitung walau air laut berubah menjadi tinta dan batang pohon menjadi pena. Hanya dengan sentuhan lembut penuh cinta dapat merubah yang sedih menjadi bahagia, yang sakit menjadi tersenyum senang karena sembuh. Bahkan yang sudah di ambang mautpun dengan karuniaNya, akhirnya dapat diselamatkan dan Hidup. Salah satunya dengan fadillah bersedekah, Dia berkenan memperpanjang umur Hamba-Nya.
Rasulullah Muhammad Shalallahu Alayhi Wassalam bersabda : Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur. Rasulullah SAW menjelaskan, ”Setiap awal pagi, semasa terbit matahari, ada dua malaikat menyeru kepada manusia di bumi. Yang satu menyeru, ‘Ya Tuhanku, karuniakanlah ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Yang satu lagi menyeru, ‘Musnahkanlah orang yang menahan hartanya’.’ HR Muttafaq Alayh
tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan ajalnya akan sampai. Dan, tidak seseorangpun yang mengetahui dalam kondisi apa ajalnya tiba. Maka mengeluarkan sedekah bukan saja akan memperpanjang umur, melainkan juga memungkinkan kita meninggal dalam keadaan baik. Bukankah sedekah akan mengundang cintanya Allah? Sedangkan kalau seseorang sudah dicintai oleh Allah, maka tidak ada masalahnya yang tidak diselesaikan, tidak ada keinginannya yang tidak dikabulkan, tidak ada dosanya yang tidak diampunkan, dan tidak ada nyawa yang dicabut dalam keadaan husnul khatimah.
Mudah-mudahan Allah berkenan memperpanjang umur, sehingga kita semua berkesempatan untuk mengejar ampunan Allah dan mengubah segala kelakuan kita, sambil mempersiapkan kematian datang.
Mahasuci Allah, zat yang mengaruniakan kasih sayang kepada makhluk-makhluk Nya. Tidaklah kasih sayang melekat pada diri seseorang, kecuali akan memperindah orang tersebut, dan tidaklah kasih sayang akan terlepas dari diri seseorang, kecuali akan memperburuk dan menghinakan orang tersebut. Betapa tidak? Jikalau kemampuan kita menyayangi orang lain tercabut, maka itulah biang dari segala bencana, karena kasih sayang Allah Azza wa Jalla ternyata hanya akan diberikan kepada orang-orang yang masih hidup kasih sayang di qalbunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar